Minggu, 01 April 2012


Beasiswa Kuliah ke Jepang Dibuka
Ester Lince Napitupulu | Robert Adhi Ksp | Senin, 2 April 2012 | 13:40 WIB
Dibaca: 57
|
Share:
bpblogspotcomIlustrasi persahabatan Indonesia Jepang.
JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang untuk Indonesia mulai membuka pendaftaran beasiswa kuliah ke Jepang untuk tahun 2013. Pendaftaran sebagai research student mulai dibuka Senin (2/4/2012).
Mahasiswa yang diterima dalam program beasiswa Pemerintah Jepang Monbukagakusho ini belajar di Jepang pada April 2013 - Maret 2014.

Mahasiswa yang diterima dalam program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) ini belajar di Jepang pada April 2013 - Maret 2014.
Peminat bisa melamar ke program degree (master/doctor/professional graduate cource) atau meneruskan program doktor setelah menyelesaikan program master atau professional graduate course, apabila lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas yang bersangkutan.

Penerima beasiswa mendapatkan tiket pergi dan pulang, uang masuk universitas, dan uang kuliah yang dibiayai dengan beasiswa Monbukagakusho. Selain itu, para mahasiswa mendapat uang setiap bulannya sebesar 143.000 yen untuk biaya kehidupan sehari-hari.

Formulir pendaftaran dapat diambil secara gratis di Kedubes Jepang bagian pendidikan di Jakarta, serta Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dan Medan. Formulir pendaftaran juga dapat diperoleh di laman Kedubes Jepang http://www.id.emb-japan.go.jp/ Dokumen lamaran harus dikembalikan kepada Kedubes Jepang sebelum 2 Mei 2012 lewat pos atau dikirim langsung.

Pada tahun akademis 2012, sebanyak 30 mahasiswa Indonesia telah lulus ujian dan berangkat ke Jepang sebagai research student dengan rekomendasi dari pihak Kedubes Jepang. Ada juga 86 mahasiswa yang direkomendasikan oleh universitas.

Pada saat ini, sebanyak 2.162 mahasiswa Indonesia sedang belajar di Jepang> dari total mahasiswa tersebut, sebanyak 632 orang di antaranya merupakan penerima beasiswa Monbukagakusho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar